Sunday, July 19, 2015

SARJANA YANG SEDANG GELISAH

SARJANA YANG SEDANG GELISAH
Oleh: Najmudin Aljuhri

Engkau Sarjana Muda
Susah mencari Kerja.

Kalimat di atas, adalah penggalan lagu Iwan Fals. Ini kira-kira sebuah lagu sindiran bagi para Mahasiswa.
Melihat realitas bahwa cita-cita besar Insan Akademis setelah keluar dari kampus seakan sirna. Bagaimana tidak, dalam bayangan “aku” sarjana akan mudah meraih masa depan. Dengan kuliah akan menjadi sukses. Seolah-olah pekerjaan sedang menantinya.   Benarkah demikian…? tapi ternyata tidak semudah apa yang dibayangkan. Sarjana dianggap orang-orang pintar. Sarjana dianggap orang-orang cerdas. Sarjana dianggap bisa. Tapi tidak demikian.
Hal di atas bisa jadi menggambarkan pribadi Najmudin, yang saat itu –mendapatkan secuil kertas dan toga berwarna hitam seakan tiada makna. Hidup lain aral alias menolak dengan ketentuan Tuhan Yang Maha Kuasa tapi justru dengan gelar sarjana seakan tidak percaya diri. Lamunan dan renungan tanpa makna sekalipun ditemani secangkir kopi dan sebatang rokok selalu mengganggu dalam keseharian. Gengsi harus kembali ke sebuah kampung, mungkin. Pun ke atas tidak bisa terbang karena tidak punya sayap. Akhirnya turun tidak mau dan naik tidak bisa.
Spontan jiwaku bertanya apakah ini karena dosa sehingga menghalangi akan hidupku masa depan. Tanpa berpikir panjang – dengan tujuan ingin berkontemplasi ingin menenangkan bathin yang sedang goyah sekaligus ingin memperbaiki sejarah yang dulu pernah tercatat merah di dalam buku catatan sang Kyai, maka aku kembali ke pondok untuk mengabdi.

Cipanas, 19 Juli 2015






0 komentar:

Post a Comment