Thursday, April 21, 2016

KEUTAMAAN MENCARI ILMU


Ilmu lebih utama daripada amal. Karena amal tanpa Ilmu seumpama jalan tanpa arah. Ilmu tanpa amal tidak lebih utama daripada Ilmu dengan amal. Amal tanpa Ilmu tidak lebih baik daripada amal dengan ilmu. Maka yang lebih utama adalah amal dibarengi dengan Ilmu, karena yang demikian berarti manusia berjalan bersama arah.

Mencari ilmu berarti hukumnya wajib. Tapi tidak wajib untuk pintar. Jika dalam mencari Ilmu, hasilnya harus pintar bisa jadi manusia akan mengurungkan niatnya untuk mencari. Karena dalam perjalanan yang mengharuskan kepintaran dan kecerdasan, maka bagaimana nanti kalau kita tidak menjadi orang pintar. Di sana tentu ada sanksi yaitu mendapat dosa dan siksa jika tidak pintar. Nabi Muhamad diutus ke dunia ini bukan untuk menjadikan manusia menjadi pintar. Tapi Beliau hanya untuk menyempurnakan akhlaq manusia.
Kendati demikian bukan berarti bahwa pencari Ilmu tidak boleh pintar. Ini akan lebih baik jika memang hasilnya pintar. Karena dengan kepintaran dan kecerdasan akan muncul kata “Ilmu”. Orang berilmu berarti orang pintar. Orang pintar punya ilmu pengetahuan. Terutama Ilmu agama.
Saking wajibnya mencari Ilmu. Allah memberi informasi gembira sekalipun kita katakanlah bahasanya “tidak berilmu” tapi proses dan niat sudah kita tempuh pasti tidak ada sesuatupun yang kita lakukan menjadi sia sia alias percuma.
Bagi orang orang yang mencari Ilmu dikasih sebuah hadiah investasi jangka panjang. Keutamaan-keutamaan bagi mereka yang mencari ilmu adalah:

1. Allah akan mengampuni dosa dosanya yang terdahulu sebelum ia melangkan kakinya
2.    Allah akan memudahkan jalan baginya ke surga
3.    Allah akan memudahkan jalan pulang baginya
4.    Lebih utama ketimbang seribu rkaat Ibadah shalat sunat


Dari sejak kapan kita wajib mencari ilmu itu? Sejak buaian hingga liang kubur. Artinya semenjak kita kecil sampai pada akhir kematian manusia. 

0 komentar:

Post a Comment