Thursday, April 21, 2016

AKHLAQ AKHLAQ YANG TERCELA MENURUT AL QURAN ( PART 1 )




Akhlaq bisa diartikan pikiran, ucapan dan tindakan (tingkah laku). Bisa pula prilaku atau tingkah pola. Akhlaqul Kariimah berarti prilaku yang baik. Akhlaq sayiat kebalikan dari akhlaqul kariiimah. Seperti apa akhlaqu assayiaat menurut Alquran? Berikut beberapa aklaq yang tercela menurut Alquran:

1.      Budi Pekerti Yang Jelek.
Firman Allah:
(Pahala dari Allah) itu bukanlah angan-anganmu dan bukan pula angan-angan Ahli Kitab. Barang siapa mengerjakan kejahatan, niscaya akan dibalas sesuai dengan kejahatan itu dan dia tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong selain Allah (QS: Annisa, 123)

Katakanlah (Muhammad), tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan menarik hatimu, maka bertaqwalah kepada Allah wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat, agar kamu beruntung. (QS: Almaidah: 100)

Katakanlah (Muhammad), “ Wahai kaumku! Berbuatlah menurut menurut kedudukanmu, akupun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui, siapa yang akan memperoleh tempat (terbaik) di akherat (nanti). Sesungguhnya orang-orang yang dzalim itu tidak akan beruntung. (QS: Al an’am: 135)

Adapun orang-orang yang berbuat kejahatan (akan mendapat) balasan kejahatan yang setimpal dan mereka diselubungi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dari (adzab) Allah, seakan-akan wajah mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. (QS: Yunus: 27)

2.    Pendapat Yang Tergesa Gesa.
Firman Allah:
Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. (QS : Al Isra : 37)
“Kawannya (yang mukmin) berkata kepadanya sedang dia bercakap-cakap dengannya: ‘Apakah kamu kafir kepada (Rabb) yang menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikanmu seorang laki-laki yang sempurna? (QS. 18:37

3.         Berlebih Lebihan:
Firman Allah:
Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang. (QS: Alhujurot: 12)

Hai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu, (justru) menyusahkan kamu. Jika kamu menanyakannya sifat ketika Al quran sedang diturunkan, (niscaya) akan diterangkan kepadamu, Allah telah memaafkan (kamu) tentang hal itu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun. (QS: Almaidah: 101)    

   

0 komentar:

Post a Comment