Wednesday, April 27, 2016

KYAI DAN SANTRINYA





Pada suatu hari seorang santri berjalan di hadapan pak Kyai sambil memakan singkong yang telah dibakarnya oleh Santrinya. Karena makannya sambil berjalan, maka Sang Kyai menegur ke santri tersebut dengan berkata : Hai Juned, jangan makan singkong sambil berjalan karena hukumnya haram. Minum sambil berdiri saja tidak boleh...apalagi makan sambil berjalan. Maaf Pak Kyai saya tidak tahu. ya udah.. jangan diulangi, ucap Pak Kyai. Maka duduklah santri tersebut dan meneruskan makan singkongnya karena maklumlah..namanya juga santri suka lapar terus...sampai habis itu singkong.

Setelah satu minggu kemudian Pak Kyai makan makanan yang sama yaitu, singkong bakar. Dan sama pula sambil berjalan. Entah kenapa ini dilakukan oleh Sang Kyai...mungkin lupa. Ketika makan singkong sambil berjalan, terlihat oleh santri yaang seminggu yang lalu dinasehati/dimarahi oleh Kyai tersebut. Maaf Pak Kyai...katanya makan singkong kalau sambil berjalan hukumnya haram, ucap Santri kepada Kyai. 

Dengan kecerdikan atau apapun bahasanya spontan Kyai menjawab dengan nada lumayan keras kepada santrinya. Kata siapa makan singkong sambil berjalan hukumnya haram....tanya Pak Kyai kepada santrinya!?...kata Pak Kyai seminggu yang lalu, ucap Santri. Iya haram juga kalau singkongnya doang...bagi saya tidak. Kenapa gitu? tanya santri. Saya mah makan singkongnya pakai KELAPA.....   

0 komentar:

Post a Comment